Kasih sayang Baginda Rasul SAW: …. Di Dunia sampai Akhirat


Kasih Sayang Rasulullah SAW

Betapa besar kecintaan Rasulullah SAW kepada umatnya, sehingga selama hidupnya baginda Rasul selalu memikirkan umatnya, bahkan di akhirat (kelak) pun beliau selalu ingin memberikan kebajikan dengan syafaatnya
“Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan keimanan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang muslim” (QS At-Tawbah, 9:128).

Rasulullah SAW dikenal sebagai seorang yang pengasih terhadap semua orang, bahkan kepada binatang dan tumbuhan sekalipun. Bukan hanya sahabat yang menjuluki dan mengatakan hal tersebut, bahkan ALLAH SWT telah berfirman seperti yang tertulis dalam QS At-Tawbah, 9:128 tersebut.

Sebagai contoh, ketika pada masa-masa awal baginda Rasulullah SAW berdakwah di Makkah banyak mendapat tentangan dari kaum Quraisy. Maka baginda Rasulullah SAW hendak mencoba benrdakwah di tempat lain, yaitu Thaif. Namun, apa yang terjadi justru beliau mendapat perlakukan yang sangat kejam, dilecehkan, dipukuli, dan dilempari batu, sehingga tubuhnya berdarah.
Malaikat Jibril datang kepada Rasulullah SAW dan berkata: “Allah SWT mendengar apa yang dikatakan kaummu terhadapmu dan bagaimana mereka menolak seruanmu. Allah SWT memerintahkan Malaikat gunung agar menuruti apa yang akan engkau perintahkan kepadanya”.
Malaikat gunung datang kepada Rasulullah SAW, setelah mengucapkan salam, Ia berkata, “Katakan apa yang engkau perintahkan untuk kami kerjakan! Jika engkau ijinkan, akan kami hancurkan mereka yang berada diantara dua gunung di Makkah”.

Rasulullah SAW menjawab, “Jangan! Aku mohon agar Allah SWT melahirkan dari mereka keturunan yang berbakti kepada Allah SWT semata dan tidak menyekutukan sesuatu denganNya”.

Sungguh mulia pribadi baginda Rasul, walaupun mendapat penindasan dan kekerasan dari suatu kaum masih tetap menunjukkan belas kasihan kepada mereka dengan memohonkan kepada Allah SWT, kelak ada diantara mereka keturunan yang baik-baik. Teladan yang sangat mulia yang belum tentu semua orang dapat melakukannya…apalagi dalam keadaan teraniaya.. subhanallah.
Oleh karena itu, seperti yang sudah dijelaskan dalam QS At-Tawbah 9:128 tersebut … betapa sangat berat perjuangan baginda Rasulullah SAW… kita umatnya sangat kecil dihadapan beliau dalam hal-hal kebaikan. Kita manusia biasa tidak akan sanggup untuk meniru beliau walaupun dengan daya upaya apapun…karena itu, keteladanan yang sedikit yang terpenting dilakukan istiqomah, dawam, dan ikhlas, … insyaallah akan menjadi golongan umatnya yang mendapat syafaat diakhirat nanti.
Kecintaan dan kasih sayang beliau terhadap umatnya, bukan saja di dunia …. bahkan sampai akhirat pun beliau berupaya memberikan kasih sayangnya … berupa: syafaatnya. Subhanallah … salam dan shalawat bagi junjungan Rasulullah SAW, beserta keluarga dan sahabat beliau sampai akhir zaman.
Jikalau… seorang Rasul selalu memikirkan nasib umatnya dari dunia sampai akhirat (dengan syafaatnya) … maka kita sungguh sangat keterlaluan tidak tahu diri apabila kita kikir/bahil …untuk bershalawat kepadanya. “Innalloha wa malaikatahu yu sholina ala nabii……………..” Inilah perintah yang sungguh sangat jelas kepada umat Muhammad SAW untuk bersholawat kepada beliau … apabila kita ingin diberikan syafaat dunia dan akhirat…Insyaallah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s