Shalawat: Cinta Kepada Rasul SAW


Bentuk Cinta Kita kepada Nabi SAW, telah dibertahu dan diajarkan oleh Al-Quran, bahwa keharusan kita sebagai umat Muhammad SAW, untuk bershalawat kepada baginda Rasul seperti yang dijelaskan dalam QS.Al-Ahzab:56.

Innallaha wa malaikatahu yusalluna ‘alannabi ya ayyuhalladzina amanu shallu alaihi wasallimu taslima. Artinya, Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (Q.S. al-Ahzab: 56).

Kata shallu berasal dari akar kata Shalah. Shalah artinya “menyebut yang baik”, “ucapan-ucapan yang mengundang kebajikan”, “doa” dan “curahan rahmat”. Kata shallu dan sejumlah derivasinya terulang sebanyak 101 kali. Bentuk fi’il mudhari’nya terulang hanya 5 kali yakni tushalli (9:84), yushallu (4:102), yushalluna (33:56) dan yushalli (3:39 dan 33:43). Sebagian besar kata shalah dikaitan dengan perintah menjalankan sholat.

Dengan memperhatikan perintah dalam QS Al-Ahzab:56 tersebut maka kita tidak perlu meragukan dan bermalas-malasan lagi untuk melaksanakan membaca shalawat kepada Nabi. Perbanyaklah bacaan shalawat kita, baik siang maupun malam hari, dimana saja dan kapan saja, tentunya dengan adab yang dibolehkan oleh tuntutan agama Islam yang kita imani.
Insyaallah, dengan melaksanakan shalawat kepada Nabi kita diberikan kemudahan di dunia, dan mendapat syafaat di akhirat nanti, Amin.
Jika saja, baginda Rasul pada saat detik-detik sakaratul maut masih memikirkan umatnya, bahkan sampai tiga kali baginda Rasul mengucapkan umati…umati…umati. Alangkah malunya kita yang mengaku umatnya tidak membalas perhatian baginda terhadap umatnya sampai detik-detik meninggalnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s