Change Your Thinking, Change Your Life


You are what you think! Anda adalah apa yang anda pikirkan!

AN1090 Brian Tracy, seorang motivator ternama, mengatakan: “Pikiran anda berpengaruh terhadap hidup anda. Pikiran anda mengendalikan dan menentukan hidup anda. Pikiran anda dapat membuat anda senang atau sedih. Pikiran anda dapat membuat anda percaya diri atau rendah diri. Pikiran anda dapat membuat anda positif atau negatif dalam menghadapi hidup. Pikiran anda dapat membuat anda merasa mampu melakukan apapun atau membuat anda merasa tidak berdaya. Pikiran anda dapat menjadi pemenang atau menjadi seorang pecundang!

Dengan kata lain, pikiran kita akan menentukan menjadi seperti apa hidup kita. Sukses tidaknya hidup kita tidak ditentukan oleh situasi dan kondisi yang sedang terjadi di sekeliling kita, tapi ditentukan oleh pikiran kita sendiri. The Law of Attraction (Hukum Daya Tarik) menyatakan bahwa pikiran kita sesungguhnya ”magnet hidup” sehingga pikiran kita akan menarik keadaan-keadaan yang sama persis dengan apa yang kita pikirkan. Dalam buku laris ”The Secret” diungkapkan bahwa alam cenderung memberikan hal yang sama persis dengan apa yang kita pikirkan. Jadi, kalau kita selalu berfikir positif, misalnya: ”Aku pasti sukses. Aku pasti bisa. Aku mampu mengatasi masalah ini”. Maka, akhirnya kita pasti sukses, pasti bisa, dan pasti mampu mengatasi masalah kita. Lalu bagaimana kita menciptakan pikiran kita selalu positif.

1. Isilah Dengan Hal-hal Positif
Kita tahu bahwa input mempengaruhi output. Apa yang kita masukan ke dalam pikiran kita akan mempengaruhi cara berfikir kita, cara berfikir kita akan mempengaruhi tindakan kita, tindakan kita akan mempengaruhi hidup kita. Sebaliknya, jika kita memasukkan informasi-informasi yang negatif, maka pikiran kita jadi negatif, tindakan kita ikut negatif, dan hasilnya pasti negatif juga. Sebagai member Oxy, kita harus selalu mengisi pikiran kita dengan hal-hal yang positif. Itu sebabnya mengapa kita perlu membaca buku-buku terbitan Oxy Support System (OSS), mendengarkan audio motivasi OSS, rajin berkumpul dengan leader-leader yang selalu menularkan antusiasme positif, dan mengikuti seminar-seminar sukses Oxy. Dengan mengisi pikiran kita dengan hal-hal positif, maka kita tambah yakin bahwa kita pasti sukses.

2.Tolaklah Racun-racun Negatif Yang Akan Masuk ke Pikiran Kita
Jika ada orang menaruh racun di air minum anda, akankah anda meminumnya?. Tentu saja tidak! Kita cukup cerdas untuk tidak mengkonsumsi zat beracun apapun. Tapi bagaimana dengan racun-racun negatif yang akan masuk melalui pikiran kita? Kita perlu tahun bahwa racun-racun negatif akan melumpuhkan dan membunuh potensi maksimal dalam hidup kita. Kita semua ingin merubah nasib kita dan emraih kesuksesan besar. Namun, jika racun-racun negatif itu terlanjur menguasai pikiran kita, maka kita akan selalu berkata, ”Saya tak bisa melakukannya. Kondisi sekarang tidak mungkin membuat saya berhasil. Tidak ada leader yang mendukung saya untuk sukes, dst”.
Bukankah kita tidak bisa menolak perkataan-perkataan negatif orang lain yang disampaikan kepada kita? Bukankah kita tidak bisa menolak virus-virus negatif yang bertebaran di sekeliling kita? Pepatah Cina kuno berkata ”Kita tidak bisa melarang terbang di atas kepala kita, tapi kita bisa menolak burung tersebut bersarang di atas kepala kita”. Ingatlah bahawa pikiran kita dilengkapi filter yang berfungsi untuk memasukkan informasi-informasi positif dan membuang informasi-informasi negatif. Fungsikan filter dalam pikiran kita sehingga kita tidak perlu terkontaminasi dengan hal-hal negatif di sekeliling kita.

3.Visualisasikan Kesuksesan di Dalam Pikiran Kita
Tahukah anda bahwa memvisualisasikan kesuksesan di dalam pikiran adalah cara yang sangat efektif untuk meraih kesuksesan? Menciptakan gambaran kesuksesan di benak pikiran kita secara terus menerus akan memotivasi diri kita untuk dapat mencapai kesuksesan seperti yang kita harapkan. Anda bukti yang sangat kuat bahwa kita memiliki performa maksimal dalam menjalankan Oxy, jika kita selalu membayangkan bahwa hidup kita akan berubah dan diri kita akan sukses di Oxy. Kita harus bisa melihat hasil akhir dari apa yang kita inginkan di dalam mental atau pikiran kita, sebelum kita melakukannya secara nyata. Itulah yang membuat latihan visualisasi menjadikan kita sangat efektif saat kita mulai bertindak secara nyata.
Jack Nicklaus adalah salah satu legenda golf. Tahukah anda bahwa rahasia suksesnya adalah selalu menggambarkan bola golf yang masuk lobang ke dalam pikirannya? Moses Malone, bintang NBA yang memiliki tembakan akurat juga memiliki kebiasaan yang sama, dia selalu membayangkan bola yang dilemparkannya selalu masuk jaring. Dr. Maxwell Maltz dalam bukunya yang berjudul Psyhcoybernetics menulis penelitian ilmiah tentang ”latihan mental” yang sering digunakan oleh para atlet. Dari penelitian itu bisa disimpulkan bahwa para pemain bola basket yang sering memvisualisasikan permainan basket dalam pikirannya memiliki keunggulan dibandingkan mereka yang berlatih dengan cara biasa.
Sebagai member Oxy, anda bisa melatih visualisasi dengan membayangkan bahwa anda telah meraih sukses di bisnis oxy. Visualisasikan pikiran anda peringkat apa yang anda harapkan, berapa banyak pengahasilan yang ingin anda terima, dan impian-impian seperti apa yang anda wujudkan. Untuk mendukung visualisasi, anda bisa mencari gambar atau foto-foto impian anda (misalnya mobil dan rumah mewah), lalu anda bisa menempelkan gambar-gambar tersebut di tempat-tempat yang mudah anda lihat, sehingga anda akan selalu termotivasi untuk mewujudkan impian anda tersebut. Tanamkan hal-hal tersebut ke dalam pikiran anda, maka anda akan termotivasi untuk meraih sukses.

4.Perkuat Pikiran Dengan Keyakinan-Keyakinan Positif
Salah satu cara yang efektif untuk menanamkan keyakinan positif dalam pikiran kita adalah dengan melakukan ”Positive Self Talk” atau mengucapkan kata-kata positif kepada diri kita sendiri. Setiap pagi, kita harus mengawali hari kita dengan berkata, ”Hari ini saya sangat bersemangat. Saya pasti menawarkan bisnis Oxy, Saya tidak akan menyerah menghadapi persoalan penolakan. Saya pasti bisa sukses. Impian saya semakin dekat untuk diwujudkan”.
Dalam keadaan baik atau buruk, kita harus selalu positive self talknatau berbicara hal yang posiitf kepada diri kita sendiri. Ingat, 95% emosi bergantung terhadap apa yang kita katakan kepada diri kita sendiri. Jika kita berkata ini berat, ini sulit, inti tidak mungkin, saat itu juga kita kehilangan semangat, kehilangan akal, dan memutuskan untu menyerah kalah sebelum berperang. Sebaliknya, jika kita mengatakan hal yang positif kepada diri kita sendiri maka kita akan selalu termotivasi untuk bangkit dan berani menghadapi keadaan yang paling buruk sekalipun dengan sikap positif.
Pada tahun 80-an Donald Trump termasuk dalam deretan orang terkaya di Amerika Serikat, namun keadaan berbalik luar biasa pada awal tahun 90-an. Bisnisnya bangkrut, bahkan sempat tercatat di Gueness Book of Word Record sebagai peristiwa kejatuhan finansial terbesar. Hutang Trump menumpuk hingga milliaran dollar. Bank-bank menguber-uber Trump. Orang-orang menjauhinya. Koran dan hampir semua media menceriterakan runtuhnya kerajaan Trump ke seluruh penjuru dunia. Meski menghadapi situasi yang sedemikian buruk, Trump tidak menyerah tapi memilih untuk berjuang kembali sambil terus mengatakan it’s good … it’s good. Dia selalu memotivasi dirinya sendiri untuk tetap positif, meski semua orang dan semua media mengatakan hal yang negatif tentang bisnisnya. Positive self talk yang dilakukan Donald Trump itulah yang kemudian mengembalikan dia pada puncak kesuksesan, sehingga sekarang ini Donald Trump jauh lebih sukses daripada kesuksesannya yang dulu. Itulah kuasa memotivasi keyakinan dan pikiran kita sendiri dengan perkataan positif!.

Sumber :OxygenNews, Ed.28.2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s