Tukang Kacang…


Bicara tentang uang, yang kadang disepelekan, yang disentil dengan sangat halus oleh Kun Fayakuun the Movie, saya jadi inget tentangg tukang kacang. Di th 2003, pernah saya megang uangyang saat itu saya anggap cuma tinggal Rp.50rb (padahal harusnya bukan “cuma”). Lalu saya bilang sama istri agar uang itu dihabiskn saja untuk jajan. Keluarlah kami naik mobil. Sama Wirda. Di tengah jalan, Wirda pengen ke pasar malam. Ada komedi putar di sana, saya putar-putar mobil lalu kami belikan anggur tu uang. tapi tidak semua. Sisa Rp. 5000. Pulangnya, kami ke pasar malam. Di depan pintu masuk, ada tukang kacang rebus. Masih setumpuk. Dan asapnya keluar dari sela-sela kacang, menggoda. Setelah putar-putar karena uang tinggal Rp.5rb, kami gak beli apa-apa. Di pintu keluar, ketemu lagi dengan tukang kacang ini. Istri saya bilang, beli kacang rebus ya Pah. Gi dah, kata saya. Istri saya, Wirda, dan saya, mendekati tuh gerobak. tapi gak ada tukangnya/abang penjualnya. Sejurus kemudian ada yang tereak, “Taroh aja di gerobaknya. Serebu sebungkus”. Kami nanya, “Kemana abangnya?”. Ada, kata orang itu. Noh di bawah, lagi sakit, katanya. Sambil nunjuk ke bawah gerobak. Subhaanallaah! Ternyata abangnya ada. Sedang merintih sakit. Demam. Suaranya terdengar lirih. tapi kalah dengan dentuman hingar bingar musik pasar malam. Tambah meringis, suara itu bilang lagi, banyak yang ga jadi beli karena disangkanya ga ada yang jualnya. Istri saya, ga jadi beli. Malahan ia taro saja uang Rp.5rb itu di gerobak tanpa beli. Di perjalanan pulang, kami berniat balik lagi dan melakukan sesuatu untuk si abang tersebut, Kun Fayakuun the movie banyak mengajarkan sesuatu.

Sumber: Ust.YM

Tinggalkan Balasan

