Mengembangkan Sifat Terbaik


MENGEMBANGKAN SIFAT-SIFAT ANDA YANG TERBAIK

Para hali psikologi dan ahli manajemen percaya bahwa diperlukan suatu kombinasi sifat-sifat kepribadian (sifat-sifat khusus) untuk menjadi seorang pemimpin yang berhasil. Namun, tak seorang pun dapat membuktikan apa yang banyak orang mulai sebut sebagai Teori Sifat. Para ahli sepakat bahwa terdapat begitu banyak sifat yang dapat diterima: dalam begitu banyak kombinasi dan campuran, sehingga hampir tiap orang mempunyai sedikit banyak kekuatan kepribadian. Dengan lain perkataan, anda tidak ”didiskualifikasi” sebagai seorang pemimpin potensial, jika anda memakai kacamata, luar biasa tinggi atau jika anda lebih senang membaca buku daripada berolahraga di klub kesehatan misalnya.
Namun, untuk menjadi seorang pemimpin yang berhasil, anda ”memang” perlu mengenali dan mengembangkan suatu campuran dari sifat-sifat anda yang terbaik, lalu belajar untuk mengkomunikasikannya secara efektif. Ini tantangan utama yang anda hadapi jika anda memutuskan untuk memasukkan lebih banyak kepemimpinan ke dalam gaya manajemen anda. Coba, ajukanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini kepada diri anda sendiri:

1. Dapatkah saya mengenali dan mengkomunikasikan sifat-sifat fisik saya yang terbaik?
2. Apakah ada kemungkinan untuk memperbaiki keterampilan verbal saya?
3. Apakah saya mempunyai beberapa sifat mental yang baik yang harus lebih sering saya tonjolkan dan komunikasikan?
4. Peran apa yang harus dimainkan oleh sikap dalam paket kekuatan kepribadian saya ini?

Jalan yang harus anda ambil, jika anda ingin mempunyai pengaruh lebih besar terhadap orang lain, ialah menekankan sifat-sifat khusus anda yang dapat dibedakan. Jangan terlalu memikirkan tentang sifat-sifat pribadi yang anda lebih suka supaya berbeda: kenalilah, perbaikilah, dan pancarkanlah sifat-sifat anda yang terbaik saja.
Sebagai contoh, jika anda mempunyai rambut yang menarik, tonjolkanlah hal itu. Jika anda ”lebih sabar” daripada orang lain, gunakanlah sifat ini untuk memperoleh ”pujian”. Jika anda mempunyai suara yang penuh dan berwibawa, gunakanlah sehingga menguntungkan bagi anda. Dengan lain perkataan, tonjolkan sifat-sifat positif anda!!.

Sumber: Pat Heim, PhD. Dan Elwood NC, 1991.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s