Pembelajaran Every One is a Teacher Here


Metode Pembelajaran Every One is a Teacher Here

A. Metode Pembelajaran

Pembelajaran dalam suatu definisi dipandang sebagai upaya mempengaruhi siswa agar belajar. Atau secara singkat dapat dikatakan bahwa pembelajaran sebagai upaya
membelajarkan siswa. Akibat yang mungkin tampak dari tindakan pembelajaran adalah siswa akan (1) belajar sesuatu yang mereka tidak akan pelajari tanpa adanya tindakan pembelajar, atau (2) mempelajari sesutau dengan cara yang lebih efesien.
Selanjutnya, Uno (2007 : 1), mengemukakan pendapat tentang strategi pembelajaran, yang mengutip pendapat para ahli pembelajaran (instructional technology), sebagai berikut : Gerlach dan Ely (1980), menjelaskan bahwa strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyamaikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu. Selanjutnya dijabarkan oleh mereka bahwa strategi pembelajaran dimaksud meliputi sifat lingkup dan urutan kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar peserta didik. Dick dan Carey (1990), menjelaskan bahwa strategi pembelajaran terdiri atas seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang/atau digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Menurut mereka strategi pembelajaran bukan hanya terbatas prosedur atau tahapan kegiatan belajar saja, melainkan termasuk juga pengaturan materi atau paket program pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik. Dan, Gropper (1990), mengatakan bahwa strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Ia menegaskan bahwa setiap tingka laku yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya harus dapat dipraktikkan.
Bertitik tolak dari penjelasan tersebut di atas, maka seorang guru diharapkan memiliki kemampuan dalam memilih strategi apa yang tepat digunakan untuk melaksanakan proses pembelajaran di kelasnya, sehingga tujuan yang telah dituliskan dalam rencana pengajaran dapat tercapai. Jadi jelaslah bahwa seorang guru dituntut untuk menguasai metode.
Langkah-langkah yang harus ditempuh oleh seorang guru sebelum pembuatan metode adalah memperhatikan persiapan mengajar (lesson plan) yang meliputi pemahaman terhadap tujuan pendidikan, penguasaan materi pelajaran, dan pemahaman teori-teori pendidikan selain teori-teori pengajaran. Disamping itu, seorang guru harus memahami prinsip-prinsip mengajar dan model-model serta prinsip evaluasinya, sehingga pada akhirnya pendidikan berlangsung secara cepat dan tepat.
Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar sesama peserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar. Pengalaman belajar yang dimaksud dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik. Pengalaman belajar memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai peserta didik.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran, antara lain :
a) Kegiatan pembelajaran disusun untuk memberikan bantuan kepada para pendidik, khususnya guru, agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional.
b) Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar.
c) Penentuan urutan kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan hierarki konsep materi pembelajaran.
d) Rumusan pernyataan daläm kegiatan pembelajaran minimal mengandung dua unsur penciri yang mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar siswa, yaitu kegiatan siswa dan materi.

B. Metode Every One is a Teacher Here

Metode merupakan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan, penggunaan metode pendidikan berarti bagaimana agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Dalam hal tersebut, yang perlu dipahami adalah bagaimana seorang guru dapat menguasai hakekat metode dan relevansinya dengan tujuan pendidikan (Nurdin, 2004 : 105). Metode mengajar ialah cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran (Sudjana, 2000 : 76).
Berbagai metode mengajar telah ditemukan oleh para ahli pendidikan dan telah digunakan oleh para guru, secara ringkas Sudjana (2000 : 77- 90) dan Ali (2000 : 78 – 88), menyebutkan bahwa : beberapa metode mengajar, antara lain : metode ceramah, metode Tanya jawab, metode diskusi, metode tugas belajar dan resitasi, metode kerja kelompok, metode demonstrasi dan eksperimen, metode sosiodrama (role playing), metode problem solving, metode system regu (team teaching), metode karyawisata (field trip), metode resource person (manusia sumber), metode survai masyarakat, metode simulasi.
Penjelasan tersebut di atas, dipertegas oleh pendapat dari Nurdin (2004 :106-107), yang menyatakan bahwa : metode yang sering atau umum digunakan dalam proses belajar dan mengjar yang dilakukan para guru di kelas selama ini, adalah : (1) metode ceramah; (2) metode tanya jawab; (3) metode diskusi; (4) metode pemberian tugas; (5) metode demonstrasi; (6) metode karyawisata; (7) metode kerja kelompok (iquiry); (8) metode bermain peran; (9) metode dialog; (10) metode bantah membantah; dan (11) metode bercerita”.
Selanjutnya, metode-metode pembelajaran yang lain juga telah dijalankan oleh para guru. Sodiq (2001 : 21), menjelaskan bahwa : selain metode yang telah dikenal oleh para guru di atas, ada lagi tiga belas strategi metode mengajar baru yang dikembangkan oleh dosen-dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Jakarta, yang telah diujicobakan di Madrasah Terpadu di Jakarta. Ketiga belas strategi metode yang disebutkan di atas, adalah : the power of two, everyone is a teacher here, critical incident, snowballing, card sort, information search, learning start with question, team quiz, debat aktif, brainstorming, elitasi, mind mapping, dan role playing.
Metode everyone is a teacher here yaitu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa, dan dapat disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh pembelajaran pada berbagai mata pelajaran, khususnya mencapaian tujuan yaitu meliputi aspek : kemampuan mengemukakan pendapat, kemampuan menganalisa masalah, kemampuan menuliskan pendapat-pendapatnya (kelompoknya) setelah melakukan pengamatan, kemampuan menyimpulkan, dan lain-lain.

C. Prinsip Pokok Metode Every One is a Teacher Here
Dalam hal metode every one is a teacher here, dikemukakan oleh Asy Syaibany yang dikutip oleh Muhamad Nurdin (2004 : 111), menjelasakan bahwa :
terdapat tujuh prinsip pokok yang harus diterapkan oleh seorang guru dalam hal metode pengajaran, yaitu (1) mengetahui motivasi, kebutuhan, dan minat anak didiknya; (2) mengetahui tujuan pendidikan yang sudah diterapkan sebelum pelaksanaan pendidikan; (3) mengetahui tahap kematangan (maturity), perkembangan, serta perubahan anak didik; (4) mengetahui perbedaan-perbedaan individu anak didik; (5) memperhatikan pemahaman dan mengetahui hubungan-hubungan, dan kebebasan berfikir; (6) menjadikan proses pendidikan sebagai pengalaman yang menggembirakan bagi anak didik; dan (7) menegakkan contoh yang baik (uswatun hasanah).
Penjelasan tersebut diperkuat dengan pendapat Muhaimin dan Mujib (1993 : 232), menyatakan bahwa : tujuan diadakannya metode adalah menjadikan proses dan hasil belajar mengajar menjadi lebih baik berdaya guna dan menimbulkan kesadaran anak didik untuk mengamalkan ketentuan ajajaran agama (Islam) melalui teknik motivasi yang menimbulkan gairah belajar anak didik secara mantap.
Uraian tersebut di atas, menunjukkan bahwa fungsi metode pendidikan adalah mengarahkan keberhasilan belajar dan memberikan kemudahan kepada anak didik. Sedangkan, tugas utamanya adalah mengadakan aplikasi prinsip-prinsip psikologis dan pedagogis agar anak didik dapat menghayati, mengetahui, dan mengerti materi yang diajarkan. Selain itu, tugas utama dalam metode tersebut adalah membuat perubahan tingkah laku, sikap, minat anak didik kepada perubahan yang nyata.

D. Landasan Pemikiran Penggunaan Metode Ini

Keberhasilan tujuan pembelajaran dilihat dari prestasi hasil belajar siswa, misalnya dalam mata pelajaran IPA. Hubungan guru dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA, sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan keterampilan para guru dalam memilih metode pembelajaran yang digunakannya. Oleh karena itu, ketepatan metode pembelajaran yang digunakan sangat menentukan tingkat keberhasilan prestasi belajar siswa IPA.
Dalam rangka pencapaian tujuan tersebut, maka salah satu metode yang dapat digunakan dalam melaksanakan proses belajar mengajar IPA, selain metode yang sudah umum dilakukan para guru. Metode “every one is a teacher here sudah diujicobakan pada Madrasah Terpadu di Jakarta pada tahun 2001, hasilnya menunjukkan bahawa metode tersebut sangat baik, sehingga siswa dapat dengan mudah mengikuti proses belajar mengajar, karena metode tersebut dapat melibatkan siswa secara aktif dan memiliki keberanian mengemukakan pendapatnya.
Hubungan antara metode pembelajaran yang digunakan dengan keberhasilan prestasi belajar siswa digambarkan dalam alur pemikiran sebagai berikut :
Proses KBM 1
Gambar di atas, menjelasan bahwa dengan menggunakan metode “every one is a teacher here, bahwa guru sebelum melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar tersebut, diperlukan persiapan sebagaimana peran guru di kelas, yaitu mempersiapkan materi/pokok bahasan, membuat tujuan pembelajaran, dan lain-lain yang akan diajarkan. Kemudian menentukan metode pembelajaran “every one is a teacher here.
Berdasarkan penjelasan tersebut, maka untuk mengetahui pengaruh perbedaan dari metode pembelajaran tersebut terhadap prestasi belajar IPA antara kelas akselerasi denga kelas regular atau siswa perempuan dengan laki-laki, dan lain-lain, dilakukan analisis dengan model statistik deskriptif kuantitatif uji beda. Dimana, metode “every one is a teacher here diajarkan di dua kelas yang berbeda, yaitu kelas akselerasi dinyatakan sebagai variabel (X1), sedangkan untuk kelas reguler dinyatakan sebagai variabel X2. Atau kelas unggulan sebagai X1 dan kelas umum/biasa sebagai X2.

E. Aplikasi Metode Dalam Pembelajaran

Penerapan metode every one is a teacher here dimulai dari guru untuk mempersiapkan bahan pengajaran, berupa “bacaan” sesuai dengan Pokok Bahasan atau materi yang akan diajarkan. Penerapan metode tersebut digunakan model atau strategi metode digambarkan sebagai berikut :
Proses KBM 2
Gambar di atas, menjelaskan bahwa penerapan dari metode every one is a teacher here yaitu dimulai guru memberikan bahan/sumber bacaan yang sesuai dengan pokok bahasan yang akan diajarkan. Siswa kemudian ditugaskan untuk membaca dan membuat sebuah pertanyaan dari materi/bahan yang sedang akan diajarkan. Card QuesPertanyaan tersebut dibuat dalam suatu kartu yang sebelumnya telah kartu tersebut dituliskan nomor absensi siswa yang dipersiapkan oleh guru. Setelah selesai siswa membuat pertanyan, kartu pertanyaan (card quest) tersebut dikumpulkan untuk kemudian dibagikan kembali kepada siswa secara acak.
Selanjutnya, yaitu siswa dari masing-masing kelompok diberi tugas untuk melakukan presentasi dengan membaca pertanyaan dan menjawabnya, ditunjuk yang disesuaikan dengan nomor absensinya dan siswa lain diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan. Guru pada tahapan ini dapat mengevaluasi (memberikan penilaian).
Berdasarkan uraian tersebut, melalui strategi pembelajaran metode every one is a teacher here, diharapkan siswa akan lebih bergairah dan senang dalam menerima pelajaran IPA yang pada gilirannya tujuan pembelajaran IPA dapat tercapai. Dengan demikian, melelui metode every one is a teacher here tersebut, hasil yang diharapkan adalah :
a. Setiap diri masing-masing siswa berani mengemukakan pendapat (menyatakan dengan benar) melalui jawaban atas pertanyaan yang telah dibuatnya berdasarkan sumber bacaan yang diberikan;
b. Mampu mengemukakan pendapat melalui tulisan dan menyatakannya di depan kelas
c. Siswa lain, yang berani mengemukakan pendapat dan menyatakan kesalahan jawaban dari kelompok lain yang disanggah
d. Terlatih dalam menyimpulkan masalah dan hasil kajian pada masalah yang dikaji.

Catatan: Silahkan Bapak/Ibu Guru Mengembangkannya dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas atau untuk Karya Ilmiah dan apabila menemui kesulitan dapat mendiskusikan dengan saya. Trims.

41 thoughts on “Pembelajaran Every One is a Teacher Here

  1. Maksih banyak atas postingannya, kebetulan sekali saya sementara susun skripsi. Kalau ada buku tentang metode pembelajaran “Everyone is Teacher Here” tolong beri tahu saya nama pengarang dan penrbitnya. Terima kasih

  2. wah..
    saya sangat berterimakasih pak….
    saya juga sedang membuat skripsi tentang ini..
    klo bisa dibantu mngkin bagaimana contoh RPPnya dan bentuk card questnya pak…??
    terimakasih sebelumnya,,,,,

    kalau bisa dibantu, tolong kirim ke email saya pak..

  3. makash atas artikelnya, saya butuh sekali tentang langkah-langkah pembelajarannya scra trperinci dan kalau ada buku tentang metode “Everyone is a Teacher Here ” tolong beri tahu saya penerbit dan pengarangnya,,,

  4. pak ada gak kelebihan dan kekurangan metode pembelajan aktif everone is ateacher here,saya butuh informasi dari bapak klrena saya mau membuat skripsi

  5. Pak… terimakasih artikelnya…
    saya sekarang sedang membuat penelitian tentang metode ini, saya mohon bantuan Bapak…
    kira-kira buku apa saja yang dapat saya pakai sesuai dengan metode ini y Pak??

    mohon bantuannya pak…

  6. artikel everyone is a teacher here sangat bgus.kalau bisa tolong lebih lengkap lagi iya,kelemahan dan kelebihannya beserta referensinya .tolong kirim ke alamat email saya .terima kasih

  7. Terima kasih pak…artikelnya cukup lengkap,,
    Tapi kalo boleh saya minta kelemahan dan kelebihan dari strategi everyone is a teacher here beserta judul buku referensinya,,karena saya sedang menyusun skripsi tentang strategi ini..mhon bantuannya pak…tolong kirim ke alamat email saya..terimakasih.

  8. terimaksaih atsa artikelnya say boleh tahu pak apa judu buku dan pengarangnya ? trimaksaih dan untuk tem2 yang lain kalu tahu mohon beri tahu dong?

  9. Assalamu’alaikum..,,, tulisan yang bagus

    Bisa minta nama buku yang membahas tentang metode everyone is a teacher here?? Terima kasih Sebelumnya…

  10. terima kasih pak, karena tulisan anda saya jadi terbantu dalam penyusunan proposal ptk. kalau boleh tahu apa judul buku yang terkait dengan model pembelajaran ini pak? terima kasih sebelumnya

  11. setelah saya membaca artikel bapak… saya ingin tahu apa judul buku dari metode everyone is a teacher here
    dan siapa pengarangnya???

    trim’s….

  12. bapak, terima kasih atas blog nya, kalau boleh saya tau pak, nama penerbit buku Every one is a teacher ini siapa pak, saya mahasiswa akhir, dan judul skripsi saya tentang strategi ini pak.terima kasih sebelumnya tolong dibals ya pak?

  13. pak saya ingin sekali membwt penelitian tentang model pmbeljrn everyone is teacher here, kalo boleh saya mnta tolong referensi buku nya itu apa pak, n apa kelemahan dan kelebihan model pmbljrn everyone is teacher here ini? sya tunggu blasnnya di email sya pak. trmksh

  14. pak, terima kasih atas bayangannya mengenai metode ini. Boleh tahukah semua referensi yang membahas tentang metode ini, pak? Untuk bahan penelitian saya. Ditungg balasannya ya, pak. Terima kasih sebelumnya..

  15. Alhamdulillah..sy sngt trbntu dg artikelnya pak,mnta tlong mnta nma pngrang n pnerbit bku ttg mtode everyone is teacher here,mhn blsn lwat email sy pak.trmks

  16. assalamu’alaikum, pak, saya ingin tanya kriteria atau jenis pertanyaan yang seperti apa yang harus dibuat murid? trimakasih mhon dblas, trimakasih pak…,

  17. assalamu’alaikum, pak, saya ingin tanya kriteria atau jenis pertanyaan yang seperti apa yang harus dibuat murid? trimakasih mhon dblas, trimakasih pak…,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s