The Power of Motivation


The Power of Motivasi

Kehidupan seperti apa yang kita inginkan? Tentu saja
jawabanya macam-macam, namun menurut sebuah survey, kehidupan seperti inilah yang paling diidam-idamkan oleh banyak orang.

Hidup Sehat
Sesungguhnya inilah kunci kita bisa menikmati hidup kita atau tidak. Dengan hidup sehat, kita bisa melakukan banyak aktivitas
Memiliki ”Cukup Uang”
Tentu saja istilah ”cukup” itu sangat relatif, namun yang pasti adalah cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan, cukup untuk beli rumah atau mobil, cukup untuk menyekolahkan anak kita sampai ke jenjang yang tinggi, cukup untuk pergi berwisata ke luar negeri, cukup untuk membantu orang lain yang sedang punya masalah keuangan dan lain-lain.
Keluarga Bahagia
Sakinah MawadahKita memiliki cukup waktu untuk berkumpul dan berbagi kebahagiaan dengan keluarga
Memiliki Kehidupan Sosial Yang Baik
Memiliki banyak teman dan komunitas yang membangun
Memiliki Kesempatan Mengaktualisasi Diri
Potensi diri kita menjadi maksimal, kita melakukan sesuatu yang berdampak positif bagi orang lain
Hidup dekat dengan Tuhan
Kunci untuk mengalami kebahagiaan dalam hidup adalah ketika kita memiliki kehidupan keagamaan dan spiritual yang bagus.

Tentu saja kita semua juga mau memiliki kehidupan seperti itu. Namun pertanyaannya, mengapa kita tidak kunjung sukses? Sederhana, karena kita tidak memiliki motivasi yang kuat.
Seandainya kita memiliki keinginan yang kuat, kita pasti bisa meraih kesuksesan, apapun juga halangannya. Kalau kita memiliki motivasi yang kuat untuk sukses, kita akan berani bayar berapapun juga harganya. Pendek kata, kita akan berani berkorban demi terwujudnya impian anda. Beberapa poin berikut akan menentukan kita bagaimana kita memiliki motivasi yang kuat untuk sukses.

1. Temukan Sumber Motivasi Anda
Sumber motivasi itu dari dalam dri.
Menemukan sumber motivasi adalah hal mutlak yang anda lakukan supaya impian anda dapat terwujud. Sebenarnya, banyak hal yang bisa menjadi sumber motivasi bagi kita. Hidup ideal seperti sehat, kaya, keluarga yang bahagia, memiliki kehidupan sosial yang bagus, kesempatan untuk mengembangkan diri, dan spiritual yang bagus, bisa menjadi satu sumber motivasi bagi anda.
Namun Anda juga bisa menemukan sumber motivasi dengan cara mengubah keadaan anda sekarang dengan keadaan ideal tersebut. Misalnya, saat ini kita sakit-sakitan, hidup dalam kekurangan secara ekonomi, dikejar-kejar hutang, rumah jelek masih ngontrak lagi!, kalau keluarga ada yang sakit bahkan kita tidak mampu berobat ke dokter, sering terjadi keributan dengan keluarga hanya gara-gara masalah uang, tidak bisa bahagiakan keluarga, dan lain-lain. Jika benar ini keadaan anda sekarang, justru anda harus menjadikan hal-hal tersebut sebagai ”sumber motivasi” anda untuk sukses. Anda harus memiliki tekad yang kuat untuk mengubah penderitaan itu menjadi kebahagiaan. Relakah anda melihat keluarga atau orang-orang yang anda cintai menderita? Tentu saja tidak!, itu sebabnya miliki motivasi yang kuat untuk melakukan perubahan demi membahagiakan hidup mereka melalui kesuksesan anda.

2. Berkumpul dengan Orang Sukses
Komunitas kita akan membantu kita. Itu sebabnya, jika kita ingin sukses, bergaulah dengan orang sukses. Jika ingin kaya, bergaulah dnegan orang kaya. Jika ingin setiap saat kita melihat betapa enaknya kehidupan orang sukses seperti rekan-rekan kita tersebut, meka hal itu akan memotivasi kita untuk bisa menjadi seperti mereka. Misalnya saja, kita melihat rekan kita yang tidak pernah mengalami kesulitan uang, memiliki rumah sendiri, memiliki mobil, mendapatkan berbagai fasilitas dan kenyamanan, maka semuanua itu akan memacu kita untuk bekerja dengan giat. Seperti yang ditunjukkan oleh mereka-mereka yang menjalankan bisnis Oxy, ini sudah banyak membuktikan orang-orang yang sukses.

3. Bosan dengan Kondisi Sekarang yang Penderitaan
Mengapa ada orang yang begitu termotivasi untuk mengubah nasib hidupnya? Slah satunya karena dia sudah ”bosan”dengan penderitaan yang selama ini dia alaminya. Kesulitan soal uang, dikerjar-kejar hutang, tidak bisa membahagiakan keluarga dan orang-orang tercinta, dan sebagainya. Namun sebaliknya, ada juga orang yang merasa kemiskinan, kekurangan dan penderitaan seperti itu bukanlah masalah, itu sebabnya orang-orang seperti itu biasanya tidak termotivasi untuk melakukan perubahan di dalam hidupnya. Bosanlah dengan kemiskinan, dan ubahlah nasib kita demi membahagiakan orang-orang tercinta.

4. Milikilah Hidup Yang Berarti
Milikilah motivasi yang kuat hingga kita memiliki hidup yang berarti, bagi kita sendiri, bagi keluarga, maupun bagi sesama. Bukankah indah, jika kita bisa menolong orang lain, memiliki kehidupan yang baik melalui bisnis Oxy? Itulah hidup yang berarti.

Salah satu hal yang kerapkali membuat seseorang menolak ajakan kita untuk bergabung di bisnis Oxy adaklah kita tidak menjadikan hidup mereka lebih berarti. Misalnya, kita mengajak mereka bergabung hanya demi keuntungan kita sendiri yaitu meningkatkan omzet group kita atau demi memperluas jaringan kita semata. Kita hanya fokus pada keuntungan diri sendiri dan lupa bagaimana membuat mereka memiliki kesehatan dan hidup yang lebih baik. Prinsipnya adalah ”bukan apa yang kita dapatkan”, tapi ”apa yang kita bisa berikan”. Dengan menolong orang lain untuk memiliki hidup lebih baik, sebenarnya kita sedang menambahkan nilai hidup yang lebih berarti di dalam hidup kita sendiri.

Tulisan ini menguraikan bagaimana kita memotivasi diri dalam menjalankan bisnis Oxy, bagi rekan-rekan yang sudah dan membangun bisnis Oxy maka motivasi harus terus ditumbuhkembangkan dalam diri kita. Dari sisi ilmu manajemen, maka perlunya menumbuhkembangkan motivasi diri merupakan upaya yang harus dilakukan setiap saat. Karena kita menyadari bahwa perjalanan bisnis selalu dalam keadan growth and decline, maka semangat itupun terkadang dalam kondisi pasang surut. Karena itu, memacu motivasi setiap saat merupakan keharusan bagi diri kita menuju kesuksesan, kemudian yang lebih penting dari semua itu adalah bagaimana kita melaksanakannya, dan hanya satu kata: Go Action!!, agar kita bisa menjawab pertanyaan di awal tulisan ini.

Sumber: OxygenNews, Edisi 22, Agst 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s