Zat dan Partikel


zat adalah sesuatu yg memiliki masa dan menempati ruang yang tersusun atas partikel-partikel contohnya: air, batu, tanah, kayu, dan pasir. Sedangkan, partikel adalah bagian-bagian yang sangat kecil dari zat. Partikel mempunyai sifat sbb: selalu bergerak/ dinamis, & mempnyai gaya tarik menarik.
Kohesi adalah gaya tarik menarik antara partikel-partikel sesama jenis contohnya: air raksa, tak dapat membasahi dinding kaca pada termoeter, karena gaya tarik menarik antara partikel-partikel air raksa lebih kuat dari pada parikel yang ada pada kaca.
Adhesi adalah gaya tarik menarik antara partikel- partikel yang tidak sejenis contohnya: tinta sebuah pulpen yg dituliskan pada kertas. disebabkan karena gaya tarik menarik antara partikel-partikel tinta kalah kuat dengan gaya tarik menarik antara partikel tinta dengan partikel-partikel kertas (adhesi lebih kuat)
mencair adalah zat padat berubah menjadi zat cair, membeku adalah zat cair berubah menjadi zat padat, menguap adalah zat cair berubah menjadi zat gas, mengembun adalah perubahan zat gas menjadi cair, sublim adalah perubahan zat padat menjadi gas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s