The Power of Two Brain (PTB)


Kekuatan dua kepala/pemikiran lebih baik!.
Strategi ini dilakukan dalam aktivititas pembelajaran yang berguna untuk mendorong pembelajaran kooperatif dan memperkuat arti penting serta manfaat sinergis dua orang. Strategi ini memiliki prinsip bahwa berfikir berdua jauh lebih baik daripada berfikir sendiri.
Pada saat guru sudah melaksanakan suatu model atau metode pembelajaran tertentu dengan baik. Namun seringkali, guru lupa atau bingung pada saat melaksanakan diskusi atau tanya jawab atas materi dalam pembelajaran tersebut. Kadangkala, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan ”tidak” membangkitkan semangat siswa untuk menjawabnya atau seringkali terjadi pertanyaan yang diajukan membingungkan siswan. Juga seringkali pertanyaan yang diajukan tersebut, tidak mendorong siswa untuk menjawab/berfikir secara analitis. Hal inilah salah satu hambatan dalam menanamkan konsep-konsep, dalil-dalil atau rumusan-rumusan tertentu dari sebuah pokok bahasan atau materi pelajaran yang diajarkan.
Card Quest
Bagaimana menerapkannya?
Untuk melaksanakan strategi ini, ada beberapa langkah sebagai berikut :

1. Rancanglah dan siapkan sebuah kartu pertanyaan (Card Question) dalam dua bentuk, yaitu:
a. Card Quest Individual (CQI)
b. Card Quest Two Brain (CQB)
c. Guru menyiapkan beberapa pertanyaan yang bersifat analitis
2. Ajukan satu atau lebih pertanyaan yang menuntut perenungan dan pemikiran (analisis).
(1) Pelajaran Agama Islam:
• ”Mengapa terjadi perbedaan paham dan aliran di kalangan umat Islam?”
• ”Mengapa seringkali peristiwa buruk menimpa orang-orang baik?”
(2) Pelajaran IPA :
• ”Mengapa bumi dapat berputar dan mengelilingi (berotasi)?”
• ”Mengapa air dalam tanah dapat naik sampai ke daun tanaman pada cabang pohon yang tinggi?”
(3). Pelajaran IPS:
• ”Mengapa harga-harga bahan pokok selalu naik, ketika bulan puasa atau menjelang Lebaran?”
• ”Mengapa dapat terjadi gempa?”
3. Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan secara individual.
4. Setelah semua siswa menjawab dengan lengkap semua pertanyaan, mintalah kepada mereka untuk berpasangan dan saling bertukar jalaban satu sama lain dan membahasnya
5. Mintalah pasangan-pasangan tersebut membuat jawaban baru untuk setiap pertanyaan, sekaligus memperbaiki jawaban individual mereka
6. Ketika semua pasangan telah menulis jawaban-jawaban baru, bandingkan jawaban setiap pasangan di dalam kelas

Catatan:
Perlu diperhatikan dalam melaksanakan strategi ini adalah:
a. Mintalah keseluruhan kelas untuk memilih jawaban terbaik untuk setiap pertanyaan
b. Untuk mempersingkat waktu, berikan pertanyaan spesifik kepada pasangan-pasangan tertentu daripada memberikan pertanyaan yang sama untuk semua siswa

Sumber Inspirasi Tulisan: Hisyam Zaini, dkk., Strategi Pembelajaran Aktif, 2008.

11 thoughts on “The Power of Two Brain (PTB)

  1. mas, kalau sy mo mnyusun skripsi PTK tentang model The Power of Two, referensi apa aja? tolong krm ke email sy y mas… thanks.

  2. ass ww….trims attensinya.
    Referensinya ya buku itu Hisyam Z, dkk. Saya sarankan PTB itu strategi pembelajaran saja, sedangkan model pembelajarannya adalah Cooperative Learning (CL). Jadi mas S Bahri, jangan terpaku pada PTBnya..gunakan juga media pembelajarannya, misalnya dengan gambar di karton, audio visual/ohp, slide, dll. Jadi, misalnya dua jam pelajaran…diawali dengan pemaparan materi dengan media tsb…nah kegiatan intinya…masuk ke PTB tadi. Langkah-langkahnya, misalnya ; buat pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan (Pertanyaan I, untuk masing-masing siswa dengan CARD QUEST INDIVIDUAL) … kemudian didiskusikan, seperti penjelasan saya di artikel tsb.
    Selamat mencoba, semoga sukses. Oh ya mas SB di Kota Mana?, silahkan konsultasi dgn saya, ……. insyaallah sy bisa bantu!!

  3. slmt siang mas
    saya arini
    saya mau tanya apa kelemahan dan kelebihan model the power of two ini?
    terima kasih sebelumnya

  4. Asslmkm,trima kasih atas informasinya ya…..,bisa g dikirimkan sejarah the power of two,sebab di buku kara hisyam zaini dkk, hanya langkah-langkahnya, kirimin lewat email saya ya….,trima kasih….,

  5. ass..pa,saya cari buku hisyam zaini g ketemu.ada referensi lain g?terus tolong minta informasi yang paling lengkap donk tentang strategi the power of two

  6. ass ww, buat semua mohon maaf sekali….sy baru buka blog sy, …sy lagi sertifikasi jd konsen kesitu. sy sarankan coba ke UNJ (Rawamangn Jkt) karena pernah diseminarkan oleh UNJ tentang PTB…insyallah jg sy carikan buku/referensi lain.

  7. mas, kalau sy mo mnyusun skripsi PTK tentang model The Power of Two, referensi apa aja? tolong krm ke email sy y mas… thanks.

    • aslkm. …. pak saya mau tanya apa aja kegunaa, manfaat, kelebihan dan kekurangan trategi the power of two. soalnya sy mau buat proposal skripsi ttng trategi the power of two ……mksh bayak ya mas….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s