Bekerja dengan PETARUH


Kondisi bisnis dan organisasi yang menuntut berbagai perubahan membutuhkan pemimpin dan pengikutnya yang memiliki “daya juang” atau sikap daya saing yang tinggi . Sebagai pemimpin, untuk mendapatkan pengikut (follower) yang handal tersebut membutuhkan “seni” tersendiri dalam memperolehnya. Karenanya, kemampuan untuk memilah dan memilih siapa-siapa yang dianggap memiliki kriteria yang terpilih menurut anda sebagai pemimpin perlu pembelajaran secara sederhana saja.

AN1431Walaupun baik untuk mengkomunikasikan pandangan anda kepada siapa saja yang mau mendengarkan, anda juga akan perlu menargetkan orang-orang dan kelompok-kelompok yang terpilih. Orang-orang ini disebut sebagai “petaruh”.

AN1432Petaruh adalah mereka yang dapat membantu atau menghalangi anda untuk mencapai visi anda, karena mereka mempunyai sesuatu yang dipertaruhkan. Tentu disini termasuk para pegawai anda dan atasan anda. Namun orang lain juga penting, seperti rekan sekerja anda, para manajer dari bagian lain, manajemen senior, rekan-rekan sekerja di luar organisasi, atau keluarga anda, untuk menyebutkan hanya beberapa saja. Pada sisi bantuan, para petaruh adalah orang-orang yang dapat memberikan anda informasi, ide, keuntungan, kata dukungan, atau bahkan dukungan emosional. Pada sisi penghalang, mungkin mereka orang-orang yang menganggap ide-ide anda sebagai ancaman terhadap kekuasaan mereka, keamanan mereka, atau orang-orang yang mendukung status quo.
Jika anda berfikir strategis, anda perlu tahu siapa orang-orang ini. Luangkan waktu beberapa menit untuk menuliskan beberapa nama dan inisial.
Petaruh 2

Jika beberapa dari petaruh adalah orang-orang yang tidak biasa anda jumpai dalam urusan anda sehari-hari, mungkin anda harus menciptakan kesempatan untuk bercakap-cakap dengan mereka tentang visi anda.
Caranya antara lain dengan :
a. Mengundang petaruh ke rapat bagian anda
b. Mampir ke kantor mereka
c. Meminta nasehat mereka tentang suatu ide atau masalah
d. Mengirimkan buku atau artikel kepada mereka
e. Mengundang mereka untuk duduk di dalam suatu panitia
f. Melibatkan mereka dalam suatu pertemuan perencanaan
g. Tambahkan ide-ide anda sendiri

Selamat Mencoba, good luck!!

Sumber Tulisan: Pat Heim, PhD. dan Elwood N.C., 1991.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s