Membantu Staf ANDA Bertumbuh


Orang umumnya dapat dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu mereka yang menciptakan masa depan mereka, dan mereka yang membiarkan orang lain menciptakannya. Pemimpin jelas-jelastermasuk dalam kelompok yang pertama.

Pemimpin tidak pernah puas dengan status quo. Mereka selalu mencari jalan untuk ”mengerjakan sesuatu secara lebih baik daripada yang kita kerjakan sekarang”. Pemimpin sejati kelihatannya selalu penuh dengan ide-ide baru. Ide-ide tersebut datang karena lingkungan terus menerus diteliti untuk mencari kecenderungan dan arah. Namun, perbaikan tidak saja difokuskan kepada produk atau jasa, tetapi juga kepada manusianya.

Sebagai seorang pemimpin, suatu pesan penting kepada para pengikut ialah bahwa setiap orang, terlepas dari pengalaman atau kedudukan pekerjaannya, harus selalu memperbaiki diri. Kerja sehari-hari menjadi suatu kelas terus menerus. Beberapa cara untuk memupuk perbaikan pribadi meliputi :

a. Mengikuti lokakarya dan seminar formal di luar
b. Langsung bekerja dengan para pegawai untuk membagi pengetahuan
c. Merencanakan proyek-proyek kelompok untuk pelatihan silang
d. Mengunjungi organisasi dan bagian/unit lain
e. Mengembangkan atau mengikuti kursus pelatihan di dalam kantor
f. Mendorong diadakannya proyek-proyek khusus yang mempertinggi ketrampilan dan kemampuan
g. Membaca buku, majalah dan artikel

Seorang pemimpin mengadakan rapat tinjauan buku dengan para wakilnya. Pemimpin tersbeut memilih salah satu buku dalam satu bulan yang berhubungan dengan aktivitas pekerjaan atau bisnis. Semuanya membaca buku tersebut, lalu membicarakan ide-ide mana yang sesuai untuk pekerjaan atau bisnis mereka.
Apapun jalan yang anda ambil sebagai pemimpin, pesan yang anda kirimkan ketika anda mendorong pertumbuhan adalah anda mendorong orang (bawahan) untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka.

Sumber Tulisan: Pat Heim, PhD. dan Elwood N.C., 1991

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s