Cara Mudah Membuat Judul PTK?


Sebagian besar dari para guru (termasuk saya) kadang kesulitas alias “mumet” mencari judul atau mau menggunakan metode apa yang tepat… mudah dan cepat, sesuai dengan bidang mata pelajaran kita.Ada beberapa tips dari saya untuk menentukan judul atau metode apa yang akan digunakan dalam penulisan PTK.
Saat ini saya sedang menyusun tugas PTK dan Karya Ilmiah (KI) … tidak tanggung-tanggung sebanyak 3 buah tulisan/penelitian bentuknya 2 PTK dan 1 KI, ditambah bila memungkinkan dengan modul atau karya-karya lain bila mampu/ada. Untungnya saya sudah lama mempersiapkannya termasuk jurnal, modul pembelajaran IPA, jadi yang dua terakhir itu saya tinggal revisi atau perbaikan saja.
Nah ……. yang tiga ini …. mumet ndase, “soale”, waktunya mepet banget harus selesai dalam waktu 1 bulan, alias bulan depan mesti kelar supaya dapat dilanjutkan pada proses pengusulan IV/b saya.

Nah, … untuk rekan-rekan guru yang belum biasa menulis (maaf loh) hal ini akan menjadi sangat memberatkan…tapi yah itu tadi, suka ndak suka, target 3 tulisan itu harus selesai. Sudah 3 hari … saya baru dapat dua judul dan langsung saya konsep….dan mantap sudah dapat saya “rekayasa” (maaf bukan plagiat loh) dari beberapa referensi temen-temen guru lain dengan bantuan “Oom Google”.

Saya punya tips, yang mungkin bisa dijadikan rujukan, bagaimana cara membuat judul yang baik, dengan “merekayasa” penelitian yang sudah ada (Nah …cara yang ini dibolehkan, loh: No plagiat, No Ilegal), caranya adalah:
1. Cari judul-judul penelitian yang sudah ada, sesuai dengan pelajaran yang diajarkan anda
2. Temukan/ambil judul-judul PTK yang menarik/bagus 5-10 judul, syukur jika contoh PTK itu lengkap, sampai bab 3 pun ndak apa-apa
3. Disarankan, judul yang anda pilih/ambil teorinya gampang dicari atau grand teorinya mudah dipelajari
4. Jika memungkinkan, judul yang anda pilih/ambil disesuaikan atau dipilih dengan sumber bacaan/buku teks yang anda miliki
5. Jika anda berpegang pada “idealisme” dan anda berkocek tebal, tinggal siapkan dan pergi ke toko buku, atau jika anda kreatif tinggal pinjam ke teman yang punya koleksi buku. Baca buku, lalu “mengide” judul dari buku tsb.

Jika anda sudah mendapatkan beberapa judul, supaya penelitian anda itu asli karya anda (sesuai hati nurani, tidak menjiplak alias plagiat), maka cara rekayasa yang legal dan sah, adalah:

a. Gabungkan dua-tiga judul yang anda pilih menjadi sebuah judul penelitian anda

b. Jika anda berpegang pada “idealisme” keaslian karya/penelitian anda maka dari buku-buku yang suda anda beli atau pinjam dari teman, cari beberapa metode, dan lakukan kreativitas dan inovasi anda untuk menggabungkan metode atau model-model pembelajaran menjadi sebuah judul….so hasilnya pasti memuaskan hati anda, karya tersebut diyakini akan menjadi motivasi dalam penulisan. Do It.

Pengalaman saya, cara yang saya lakukan menghasilkan judul penelitian yang “unik” dan menarik …memiliki kelebihan dari penelitian sebelumnya.
Silahkan anda tiru cara saya, inilah judul PTK saya hasil rekayasa penelitian yang sudah ada tetapi tidak plagiator.

1. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Di SD …. ini judul penelitian orang (Dra. Suprayekti, M.Pd.)

2. Saya baca buku Strategi Pembelajaran (Hisyam Zaini, dkk.,2008) tentang metode pembelajaran “The Power Two Head”.

Dari kedua referensi tersebut, saya buat judul baru yang lebih melengkapi hasil penelitian yang sudah dilakukan (No.1) …..judul yang saya buat, yaitu:

“PENERAPAN MODEL INTERACTIVE WITH POWER TWO BRAIN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 96 JAKARTA”

“UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARANINQUIRIES WITH DISCUSSION PAIR SHARE SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 96 JAKARTA”

“PEMANFAATAN MEDIA SEMI INTERACTIVE (MSI) DALAM PEMBELAJARAN MATERI TEKANAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 96 JAKARTA”

Silahkan mencoba …….ANDA PASTI BISA!!

Anda membutuhkan saran …silahkan komentar atau hubungi lewat blog ini.

Wassalam,
Sisan.

5 thoughts on “Cara Mudah Membuat Judul PTK?

  1. ass.
    karena bpk telah memberi peluang lebar-lebar, mohon jika berkenan kirim contoh ptk (jika bisa komplit), terutama PEMANFAATAN MEDIA SEMI INTERACTIVE (MSI) DALAM PEMBELAJARAN MATERI TEKANAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 96 JAKARTA”. makasih
    wass

    • wa a.slm, ……mhn maaf sy br bls …lg sbk buat ptk/membimbing. dan untuk contoh ptk tsb sdh dibuat dlm buku yg insyaallah diterbitkan beberapa bln lg…mhn dgn sy tdk bs kasih ke bpk, tp klo bpk sharing/diskusi insyaallah sy bisa sharing ke bpk. Trims

Tinggalkan Balasan

