PTK: Model CL With MSI dalam IPA


Pembaca, tulisan ini diposting tidak sesuai dengan aslinya hasil penelitian sy, khususnya dalam hal sistematika penulisannya. Hal ini sesuai dengan tujuan penulis untuk memberikan pembelajaran (Wong namanya jg guru: mesti ngasi kail/pancingnya aja, umpan dan tempat memancingnya silahkan cari sendiri, di laut, di kali …). Salam guru Indonesia. Smoga…bermanfaat!!

Pendahuluan
Pembelajaran IPA khususnya dalam pencapaian kompetensi pemahaman konsep tekanan, masih belum optimal yang ditandai dengan rendahnya hasil belajar. Rendahnya hasil belajar IPA disebabkan kurang tepatnya penggunaan metoda pembelajaran yang selama ini digunakan guru. Metode-metode pembelajaran yang digunakan oleh para guru tersebut belum membangkitkan minat siswa dan ketercapain kompetensi konsep-konsep IPA. Padahal, jika guru menggunakan media pembelajaran yang tepat dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar yang sekaligus meningkatkan kompetensi IPA.
Berdasarkan uraian tersebut, penulis merumuskan masalah dalam (Classroom Action Research) sebagai berikut :
1. Bagaimana penerapan model CL dalam pembelajaran IPA untuk menyampaikan materi Tekanan di dalam kelas?
2. Bagaimanakah cara siswa memahami konsep-konsep materi tekanan pada mata pelajaran IPA melalui model CL dengan bantuan MSI?
3. Bagaimanakah siswa bekerja sama dalam menjawab masalah dalam pembelajaran dengan model media semi interaktif (MSI)?
4. Bagaimanakah kondisi saat pembelajaran dalam model CL dengan bantuan media semi interaktif (MSI)?
5. Apakah terdapat keberhasilan prestasi siswa dalam pelajaran IPA dengan model pembelajaran CL dengan media semi interaktif?

Pemecahan Masalah

Munculnya permasalahan yaitu rendahnya pencapain kompetensi siswa dalam pemahaman konsep-konsep IPA sebagaimana diuraikan sebelumnya, dapat diasumsikan karena lemahnya motivasi siswa dalam belajar. Hal tersebut sangat berhubungan dengan kurang menariknya model pembelajaran atau kurang media yang digunakan. Metode yang digunakan guru belum mengakomodasi kesempatan belajar, seperti dalam meningkatkan motivasi siswa dan rendahnya partisipasi siswa dalam berdiskusi, dimana kedua hal tersebut dapat mempengaruhi rendahnya pencapain kompetensi konsep-konsep IPA.
Diperlukan pembenahan pembelajaran dengan mengubah metode yang digunakan guru dalam proses pembelajarannya, juga dalam memilih media yang menarik minat belajar, yang dapat mendorong motivasi siswa sekaligus meningkatkan ketercapain kompetensi pemahaman konsep sekaligus dapat memecahkan masalah-masalah yang dihadapi siswa.
Pendekatan pembelajaran menggunakan media dapat melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Metoda ini juga dipandang bisa mempermudah siswa dalam pemahaman konsep-konsep IPA. Untuk memecahkan masalah tersebut yang terjadi, diperlukan pendekata pembelajaran IPA yang mengacu pada penelitian sebab-sebab rendahnya angka pencapaian kompetensi pemahaman konsep IPA dan pemecahan masalahnya. Perbaikan metoda secara berkelanjutan dan variatif merupakan salah satu alternatif untuk memecahkan masalah rendahnya hasil belajar IPA, khususnya di kelas VIII.

Model CL

Cooperative Learning (CL) adalah pembelajaran dengan pengelompokkan siswa sehingga siswa bekerja sama untuk memaksimalkan pembelajarannya dan juga teman sekelompoknya.
Namun tidak semua semua kegiatan berkelompok dan bekerjasama dapat dikatakan sudah menggunakan Cooperative Learning. Untuk mengarahkan menjadi sebuah pendekatan Cooperative learning guru perlu memahami komponen-komponen esensial yang disyaratkan, yaitu, pertama : kurikulum, pelajaran dan pengelompokan, kedua adalah wilayah materi dan siswa, serta diagnosa masalah yang dihadapi.
Model STAD untuk mendorong siswa agar saling bekerja sama, menolong, menjadi yang terbaik. Langkah-langkah proses KBM dalam pembelajaran model STAD ini, dapat dijelaskan sebagai berikut :
a. Guru membentuk kelompok kecil, yang setiap kelompok beranggotakan 5 orang sehingga seluruhnya berjumlah 8 kelompok
b. Guru menyampaikan tujuan dan penyajian pembelajaran
c. Guru membagi tugas pada kelompok untuk mengerjakan tugas tersebut. Anggota yang tahu/mengerti menjelaskan pada anggota-anggota kelompoknya sampai semua anggota kelompoknya mengerti
d. Guru memberikan pertanyaan atau kuis kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab pertanyaan antara anggota tidak boleh saling membantu
e. Guru memberi evaluasi dan menutup pembelajaran.

PTK Tekanan QNamun demikian, suatu model pembelajaran misalnya Model Cl tersebut perlu/dibutuhkan kombinasi strategi dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Dalam hal ini guru perlu mempertimbangkan media apa yang sesuai atau dapat memberikan upaya peningkatan proses pembelajaran. Penulis, mencoba menggunakan media semi interaktif (MSI) yang dibuat dan disusun sendiri menggunakan perangkat lunak dan keras (komputer), dalam bentuk paparan atau slide menggunakan program powerpoint. Untuk membangkitkan minat/motivasi belajara siswa pembuatan media paparan/slide sedapat mungkin siswa ikut teribat dalam proses pembelajaran, disinilah di media yang disebut dengan istilah semi interaktif. Artinya, media paparan/slide tidak seluruhnya dalam bentuk atau kategori tiga dimensi atau lebih, seperti film dan animasi gerak lainya. Namun, demikian media semi interaktif ini menjadi salah satu bagian dalam upaya untuk menumbuhkan minat belajar siswa khususnya pada IPA.

Kerangka Tindakan

Kerangka pemikiran penelitian tindakan kelas ini dapat dijelaskan dalam konsep skema berikut
MSI Blog

Secara ringkas, siklus I dengan 4 tahapan tindakan dilakukan dan diamati. Keseluruhan tindakan tersebut dilakukan analisis bersama dengan pengamat. Apabila hasilnya belum optimal, maka untuk selanjutnya dilaksanakan siklus II. Diharapkan, pada siklus II tersebut, guru dan siswa sudah dapat melaksanakan pembelajaran secara optimal sesuai dengan perencanaan tindakan.

Sumber Inspirasi Tulisan:
1. Yamin dan Ansari, 2008.
2. Dari berbagai sumber lainya

One thought on “PTK: Model CL With MSI dalam IPA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s