PTK: “every one is a teacher here”


Latar Belakang Permasalahan

Kehidupan modern saat ini, makin terasa betapa penting peranan bahasa asing terhadap kepentingan manusia dalam berkomunikasi/interaksi, tidak ada seorang pun diantara manusia yang tidak berinteraksi. Era globalisasi ke depan, menuntut bangsa-bangsa di dunia mampu berbahasa internasional,yaitu bahasa Inggris. Oleh karena itu, pendidikan bahasa asing (khususnya bahasa Inggris) di setiap jenjang pendidikan menjadi suatu kenyataan yang tidak dapat dihindari untuk dipelajari. Hal tersebut dapat kita lihat dari adanya muatan kurikulum mata pelajaran bahasa Inggris di tingkat Sekolah Dasar, bahkan di tingkat pra sekolah. Bahasa Inggris pun, menjadi mata pelajaran unggulan bagi sekolah-sekolah yang sudah maju (bertaraf internasional).
Sebagai gambaran, hasil publikasi yang dikeluarkan oleh IIMD (International institute for Management Development) tahun 2001, suatu organisasi international yang bermarkas di kota Lausanne, Swiss, tentang peringkat daya saing ekonomi sejumlah Negara. Dari sebanyak 49 negara yang disusun dalam sistem keperingatan ternyata Indonesia berada pada posisi paling rendah, yaitu peringkat ke-49. Negara-negara tetangga seperti Australia, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Korea Selatan memiliki peringkat di atas Indonesia. Hal ini berarti bahwa daya saing ekonomi kita memang paling lemah diantara negara-negara di dunia pada umumnya, termasuk termasuk negara-negara tetangga.

Dalam hal pendidikan juga demikian, hasil studi PERC (Political and Ekonomical Risk Consultacncy) tahun 2001, mendudukan Indonesia diurutan ke-12 dari 12 negara di Asia. Dalam hal ini Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand, Filipina berada di atas kita. Namun yang lebih menyakitkan lagi adalah hasil penelitian International Education Achievment (IEA). Kemampuan membaca anak bangsa kita pada tingkat SD dan SMP menduduki peringkat ke- 38 dari 39 negara peserta. Kemampuan matematika di peringkat ke-39 diantara 42 negara. Kemampuan IPA berakhir pada peringkat ke-42 dari 42 negara peserta.
Hal inilah yang memicuh pemerintah melakukan standarisasi nilai beberapa mata pelajaran untuk membuahkan mutu dan hasil pendidikan yang memiliki kualitas lebih baik. Untuk itu pemerintah mengadakan suatu Ujian Nasional (UN) yang pada awalnya bernama Ujian Akhir Nasional (UAN) menjadi pengganti kebijaksanaan Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional (EBTANAS).
Dalam lingkup sekolah, maka kemampuan berbahasa Inggris bagi siswa-siswi SMP sangat penting, mengingat pada tingkatan ini mulai diperkenalkan dasar-dasar pelajaran Bahasa Inggris dalam Bentuk Tata Bahasa (Grammer) dan Percakapan (conversation) sebagai bekal kelanjutan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu SMA maupun SMK.
Di dalam kurikulum 1994 dinyatakan bahwa : “Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah mencakup ketrampilan membaca, menyimak, berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris yang sedapat mungkin disajikan secara terpadu, namun demikian penekanannya terutama pada keterampilan membaca dan menyimak”.
Bahasa Inggris adalah bahasa asing di Indonesia, sehingga mempelajari bahasa asing tersebut tidaklah semudah. Kebanyakan pelajar Indonesia dalam mempelajari bahasa Inggris sering mendapat kesulitan begitu juga dalam menggunakannya dalam komunikasi yang normal, apakah itu secara lisan maupun tulisan.
Selain kesulitan dalam kecakapan berbicara dan menulis, siswa-siswi juga masih mengalami kesulitan dalam bidang menyimak bahasa Inggris, baik dalam percakapan langsung dari orang yang sedang berbicara atau menyimak dari sumber lain seperti mendengarkan radio, acara televisi berbahasa Inggris. Hal ini disebabkan ada banyak perbedaan antara bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris, seperti dalam tata bahasa, pengucapan dan kosa kata. Ini adalah hal yang harus dipecahkan baik dari pihak siswa /siswi maupun pengajarnya agar keberhasilan belajar Bahasa Inggris dapat tercapai.
Dalam Kurikulum 1994 ada empat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan menyimak (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing). Keempat-empatnya merupakan satu kesatuan. Untuk meningkatkan penguasaan keempat keterampilan berbahasa tersebut memang tidaklah mudah, oleh karena Guru sebagai pengajar perlu memiliki kemampuan, keterampilan dan inovasi dalam metode pembelajaran kepada siswa di dalam kelas, selain media yang harus digunakan.
Metode yang sering atau umum digunakan dalam proses belajar dan mengjar yang dilakukan para guru di kelas selama ini, menurut Muhamad Nurdin (2004 :106-107), adalah : (1) metode ceramah; (2) metode tanya jawab; (3) metode diskusi; (4) metode pemberian tugas; (5) metode demonstrasi; (6) metode karyawisata; (7) metode kerja kelompok (inquiry); (8) metode bermain peran; (9) metode dialog; (10) metode bantah membantah; dan (11) metode bercerita”.
Seringkali, penggunaan metode-metode tersebut dapat menimbulkan kebosanan atau kejenuhan dari guru atau para siswa itu sendiri, atau mungkin memerlukan biaya dan media yang mahal. Oleh karena itu, guru dituntut untuk memberikan inovasi dan penyegaran dalam teknik/metode mengajar. Salah satu diantaranya yang sudah yang akan dilakukan oleh penulis adalah dengan metode “Every One is a Teacher Here”, dimana metode ini memiliki keunggulan atau manfaat secara sekaligus dari metode-metode yang selama ini diterapkan di kelas oleh para guru.
Berdasarkan penjelasan di atas, maka “melalui inovasi pembelajaran metode “every one is a teacher here”, dapat membantu siswa/siswi SMP dalam kemampuan keterampilan berbahasa, khususnya keterampilan membaca (reading).

Identifikasi Masalah

Bertitik tolak dari uraian latar belakang masalah di atas, maka beberapa permasalahan dapat diidentifikasikan sebagai berikut:
1. Pentingnya pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional dan jajarannya untuk meningkatkan kualitas pendidikan sehingga masyarakat/negara memiliki daya saing, khususnya dalam hal berbahasa interansioanl (utamanya bahasa Inggris)
2. Pentingnya peranan bahasa Inggris dari suatu masyarakat negara pada berbagai tingkatan dan kompleksitasnya. Oleh karena itu, segala bentuk upaya yang bertumpu guna meningkatkan daya saing manusia Indonesia yang dimulai dari generasi muda khususnya pelajar, utamanya dalam hal berbahasa Ingggris, tergantung bagaimana guru mengelola pembelajaran melalui metode pengajaran yang disenangi para siswa.
3. Apabila sumber daya perangkat pendidikan yang ada di sekolah telah dimiliki, maka para guru dituntut untuk dapat melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efesien. Dalam hal ini, bagaimana metode pembelajaran yang dilakukan guru bahasa Inggris agar proses KBM menyenangkan siswanya sehingga tujuan pengajaran tercapai.

Perumusan Masalah

Bertitik tolak dari penjelasan latar belakang masalah dan identifikasi masalah tersebut di atas, maka kajian dan permasalahan dalam skripsi ini, dirumuskan sebagai berikut : Apakah dengan metode pembelajaran “every one is a teacher here” siswa/siswi SMP Kelas IX dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, khususnya keterampilan membaca (reading)?

Tujuan dan Kegunaan Penelitian

Melalui metode tersebut diharapkan siswa dapat menunjang atau pendukung proses belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan empat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan menyimak (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing).
Selain tujuan yang telah disebutkan, diharaPkan penelitian ini juga dapat berguna, antara lain :
a. Untuk meningkatkan kemampuan proses pengajaran guru Bahasa Inggris di kelas
b. Untuk meningkatkan prestasi hasil belajar siswa dan sekolah, khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Inggris
c. Dapat dijadikan sebagai referensi/rujukan dalam penelitian lanjutan dan pengembangan pengajaran Bahasa Inggris di SMP

Tulisan bersambung………….. sabar ya!?

Sumber Inspirasi Tulisan: dari berbagai sumber

3 thoughts on “PTK: “every one is a teacher here”

  1. tolong krimkan proposal skripsi yang lebih lengkat dengan judul
    Efektivitas metode bermain peran dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa SD/SMP

  2. kapan bisa ada lanjutannya..
    setidaknya tambahan tentang karakteristi, kelebihan dan kelemahan dari strategi ETH ini..????
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s