Anda Memerlukan Tujuan-tujuan Tertentu Untuk Merealisasikan Visi Anda


Visi anda adalah gambaran anta tentang masa depan. Visi bersifat global dan tidak persis. Penting sekali untuk mempunyai visi, tetapi visi saja tidak cukup. Anda juga perlu menciptakan tujuan-tujuan tertentu untuk mencapai visi andaTujuan mempunyai cakrawala waktu yang lebih terbatas. Ada pemimpin yang menuliskan tujuan tahunan, pemimpin lain senang untuk menuliskan tujuan enam bulan sekali. Pilihlah cakrawala waktu yang terasa menyenangkan bagi anda.
Pikirkan tentang visi anda seperti ke mana anda ingin pergi. Pikirkan tentang tujuan anda sebagai seluk beluk bagaimana anda harus sampai di sana. Adalah penting untuk menuliskan baik visi maupun tujuan-tujuan. Namun tujuan, agar supaya bisa bekerja, harus mempunyai komponen-komponen tertentu yang ada di dalamnya.

BAGAIMANA MENULISKAN TUJUAN YANG BERHASIL

1. Harus SPESIFIK. Sebutkan hasil persis yang anda kehendaki atau prosesnya (berapa banyak dan kapan)
2. Buatlah tujuan-tujuan itu bisa DIUKUR. Bagaimana anda akan mengukur apakah anda berhasil atau tidak? Dimana garis tujuan anda dan bagaimana anda tahu bahwa anda telah melintasinya?
3. Tujuan hendaknya MASUK AKAL (Realistik). Kadang-kadang karena terlalu antusias tentang suatu ide, kita menetapkan tujuan-tujuan yang tidak mungkin tercapai. Pastikanlah bahwa tujuan anda dapat dicapai dengan tuntutan-tuntutan anda yang sekarang ini.
4. Akhirnya, tujuan harus MEMPUNYAI WAKTU TERTENTU. Bukan ”secepat mungkin”, tetapi pada tanggal 11 Agustus, misalnya.

Suatu sgi penting dalam proses menentukan tujuan ini ialah untuk TIDAK tersangkut dalam pekerjaan administrasi atau menulis suatu tujuan untuk semuanya. Hendaknya anda bertindak strategis. Apa target-target yang paling penting yang harus anda capai untuk sampai kepada visi anda? Tiga sampai lima target mungkin tepat, tetapi tidak boleh lebih dari delapan.

CONTOH-CONTOH TUJUAN
”Adakan suatu survey pelayanan pelanggan pada tanggal 20 November 2009. Survey ini akan diposkan lepada semua pelanggan anda tiap tiga bulan sekali. Survey ini akan menanyakan tentang: 1) mutu produk; 2) waktu penyerahan; dan 3) bantuan yang diberikan kepada 800 nomor telpon. Hasil dari survey itu akan disusun dan diajukan pada rapat perencanaan tiga bulan sekali.
“Tingkatkan jumlah volume penjualan bagian anda tahun ini diatas tahun lalu sebesar 17% pada akhir tahun. Tujuan ini akan memastikan bahwa anda mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan yang Semarang seperti yang diukur oleh Divisi Laboran Kepuasan Pelangggan”.
“Rencanakan tata ruang kantor untuk kantor-kantor yang baru pada tanggal 15 Oktober. Tata ruang tersebut akan mencakup tempat verja semua karyawan, dan ruangan tambahan yang menyediakan 30% tambahan kepada kawasan yang ada Semarang”.

Sumber Tulisan: Pat IEM, Ph.D. dan Elwood NC, Belajar Memimpin, 1991.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s