Kembangkan Karakteristik Para Pemimpin Besar


Berikut ini adalah daftar sepuluh karakteristik yang umumnya ada dalam diri para pemimpin berkinerja tinggi. Karakteristik ini tidak datang sendiri, tetapi dikembangkan oleh mereka. Karakteristik ini bersifat universal dan abadi.
Karakteristik ini juga mencerminkan apa yang telah dipilih untuk diyakini oleh para pemimpin itu dan bagaimana mereka memuutuskan untuk berperilaku. Para pemimpin besar menunjukkan semua karakteristik ini, apa pun bidang yang mereka tekuni.

1. Integritas tanpa kompromi
Karakteristik ini menjadi fondasi untuk kualitas dan layanan kepada pelanggan internal dan eksternal. Calon pemimpin yang tidak memiliki kualitas ini akan menjadi seperti seseorang yang hanya sebentar saja dikenal orang dan segera dilupakan

2. Tidak mengurusi hal-hal sepele
Kebocoran energi yang paling besar dalam organisasi sering disebabkan oleh hal-hal sepele. Mengabaikan hal-hal tersebut akan menghasilkan energi yang tinggi. Para pemimpin mengerti perbedaan antara hal yang menarik dan hal yang penting

3. Mengerjakan segala sesuatunya menurut prioritas
Kualitas ini dapat menghasilkan stabilitas di bawah tekanan dan menyebabkan munculnya seorang pemecah masalah yang unggul. Seorang pemimpin yang bekerja menurut prioritas, akan menyusun daftar prioritas harian yang akan diawali dengan #1 dan tidak mengenal #2 setelah tugas awal tadi selesai dikerjakan, tetapi segera menangani #1 yang baru dna begitu seterusnya

4. Keberanian
Para pemimpin tidak menjalani kehdiupan tanpa perlawanan. Mereka tahu ada sumur kebernanian yang dalam diri setiap orang, baik digunakan atau pun tidak. Para pemimpin justru melakukan apa yang mereka takuti untuk mencegah ketakutan menguasai diri mereka. Kredo mereka adalah “Selalu terlalu dini untuk berhenti”

5. Komitmen
Para pemimpin tahun bahwa mereka tidak akan mati sebelum waktunya karena bekerja keras dalam pekerjaan yang mereka sukai. Mereka tidak akan pernah mendengarkan kata-kata si pemalas, “Pelan-pelan saja! Anda akan merusak kesehatan!” Pekerjaan mereka menjadi suatu bentuk seni yang dikembangkan.

6. Berorientasi pada sasaran
Fokus adalah penangkal rasa sakit dalam mencapai sasaran-sasaran yang tinggi. Para pemimpin mengerti bahwa kurangnya sasaran adalah awal terhentinya proses fisik dan mental.

7. Tidak ortodoks
Mereka adalah pencipta, innovator dan jenis orang yang berfikir di luar lingkungannya. Mereka belajar dari kesuksesan maupun kegagalan mereka. Mereka adalah pemikir yang orisinil dan bukannya penjiplak.

8. Memberikan inspirasi melalui antusiasme yang menular
Para pemimpin menjadi semakin antusias saat mereka berhasil mencapai sasaran harian mereka, yang merupakan bagian dari rencana yang lebih besar, dan bukan hanya terbatas pada tugas-tugas harian saja. Mereka sangat sadar bahwa tapa antusiasme yang menular ini maka apa pun perasaan hati mereka akan mudah mempengaruhi orang lain.

9. Menegakkan kepala di saat kritis
Orang-orang berkarakteristik seperti ini tidak akan ambruk atau meratap dan mengeluh seperti orang gila. Mereka tetap tegak dan karena itu mereka akan segera menangkap fakta yang diperlukan. Mereka tahu bahwa dengan mengatasi konflik akan diperoleh kekuatan

10. Keinginan untuk menolong orang lain bertumbuh
Para pemimpin tahu bahwa tidak ada kata jenuh dalam pendidikan dan bahwa membagikan pengetahuan dna pertumbuhan pengalaman akan membangun hubungan sinergis dan persahabatan.

Berikut disampaikan beberapa saran untuk mengambil langkah menuju kebesaran:
a. Tetapkan tujuan anda sendiri untuk setiap karakteristik. Dengan menggunakan skala 1 sampai 10, seberapa besarkah karakteristik anda?
b. Tetapkan peringkat anda dari sudut pandang anggota tim anda: Apakah mereka setuju dengan peringkat yang anda buat sendiri? Bila tidak, mengapa tidak?
c. Berfokuslah pada tiga butir karakteristik untuk ditingkatkan: Ambillah tiga karakteristik untuk anda tingkatkan dalam diri anda sendiri dan buatlah rencana untuk peningkatan tersebut.

Sumber Tulisan:
Danny Cook dan John Hoover, 2003. Leadership When the Heat’s On.

2 thoughts on “Kembangkan Karakteristik Para Pemimpin Besar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s