Model Member Get Member


Banyak model pembelajaran saat ini dapat diterapkan dalam kelas, kadang kala guru ingin sesuatu yang baru. Sebenarnya guru dapat menciptakan model-model pembelajaran sendiri, atau mengembangkan dari model yang sudah ada. Model MGM dikembangkan oleh Siswandi, atas dasar pembentukan kelompok atau belajar kelompok, dari konsep STAD.

Tujuan dan Kegunaan Model Pembelajaran MGM, adalah:
1. Membentuk kelompok belajar yang sesuai dengan tingkatan kemampuan individu siswa
2. Memahami materi pembelajaran dengan cara kerja kelompok, atas dasar kemampuan yang dimiliki masing-masing individu
3. Memilih teman diskusi yang dapat melakukan kerja sama diantara kerja kelompok
4. Memacu angggota kelompok dan kelompok lain untuk bersaing dalam mencapai keberhasilan diskusi
5. Guru dapat menilai/evaluasi materi pembelajaran sub pokok bahasan, melalui pembentukan setiap kelompok

Syntax dalam Pembelajaran MGM, sebagai berikut:

Pertemuan Pertama:
1. Guru mempersiapkan materi pembelajaran yang akan diberikan
2. Guru membagi sub unit materi (3 sub pokok bahasan) untuk dilaksanakan minimal 3 kali pertemuan atau minimal 2 siklus dalam PTK
3. Pada unit pertama materi pembelajaran, guru memberikan pemahaman, tujuan pembelajaran yang akan dicapai
• siswa melakukan diskusi diantara teman duduknya
• jika rasio kelas 20 siswa, aktivitas siswa menyimak dan menggali/menganalisis materi yang diberikan guru
4. Guru mengarahkan, pembentuk kelompok dengan model “member get member”, dimana guru menunjuk salah satu orang siswa secara acak untuk menjawab pertanyaan yang diajukan guru
5. Siswa yang dapat menjawab pertanyaan guru tsb, diberi kesempatan (reward) untuk mengajak (get) temannya yang akan dijadikan kelompok diskusi
6. Langkah ke 5 diulang lagi, namun dilakukan oleh siswa kedua yang dapat menjawab pertanyaan yang telah disiapkan oleh siswa tersebut, kegiatan tersebut terus diulang sampai siswa berjumlah 5 orang sehingga terbentuk satu kelompok atas dasar pilihan kelompoknya
7. Guru mengulang kegiatan langkah ke 4, dan membimbing langkah ke 5 dan 6 sehingga terbentuk kelompok ke 2, langkah tersebut diulang sampai terbentuk jumlah kelompok yang diinginkan, misalnya 8 kelompok dalam satu kelas tersebut
8. Setelah terbentuk kelompok-kelompok diskusi, kelompok-kelompok tersebut diberi tugas atau materi untuk didiskusikan bersama teman kelompoknya
9. Guru menunjuk kelompok yang sudah siap untuk mempresentasikan hasil diskusinya
10. Guru mengarahkan, membimbing dan menilai presentasi hasil kelompok
11. Menyimpulkan hasil diskusi kelompok

Pertemuan Kedua., Ketiga dst:
Pada pertemuan kedua, dengan materi yang kedua atau sub pokok bahasan yang kedua guru merancang pembelajaran MGM kembali, dengan langkah-langkah yang sama seperti pada pertemuan pertama

Keterangan Gambar:
1. Guru menunjuk salah satu siswa untuk membentuk kelompok, dengan cara memberikan pertanyaan, jika siswa dapat menjawab pertanyaan guru maka dia dapat melanjutkan pembentukan kelompok, jika siswa tersebut tidak dapat menjawab maka guru menunjuk siswa yang lain, sampai ada siswa yang dapat menjawab pertanyaan guru tsb
2. Siswa yang ditunjukk dapat menjadi ketua kelompok, dan dipersilahkan untuk menunjuk siswa lain/temannya secara acak dan apabila dia dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya tersebut (siswa pertama yang ditunjuk guru) maka siswa yang kedua dapat menjadi anggota kelompoknya
3. Setelah terbentuk kelompok I, guru mengulangi langkah pertama untuk membentuk kelompok kedua, dan dilanjutkan sampai terbentuk satu kelompok lagi, begitu seterusnya sampai ada 8 kelompok (anggota kelompok 5 orang siswa)

Silahkan bapak/ibu guru untuk mencoba model pembelajaran ini di sekolahnya masing-masing, semoga siswanya menjadi senang karena gurunya kreatif.

Inspirasi Tulisan: Siswandi, dr berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s