The Art of Communication


Komunikasi dalam Proses Pembelajaran

Pada suatu hari seorang raja merasa resah memikirkan tentang mimpi “seluruh giginya copot” yang dialaminya beberapa malam lalu. Kemudian dikumpulkannya para petinggi kerajaan untuk dimintai pendapatnya, untuk menafsirkan arti mimpinya itu. Salah seorang menteri “Komunikasi”nya dimintai pendapatnya tentang mimpi raja tersebut. Sang menteri menjawab dengan penuh hormat, bahwa dia tidak bisa menafsirkan arti mimpinya itu. Lalu menyarankan untuk memanggil ahli tafsir yang ulung dan terkenal di seantero wilayah kerajaan. Tugas ini langsung dilakukan oleh menteri Pertahanan dan Keamanan kerajaan, dan menghadapkan lah sang menteri tersebut dua orang ahli tafsir.

Sang raja langsung menjelaskan dan bertanya, tentang arti mimpinya itu: “Wahai ahli tafsir, coba artikan tentang mimpi saya itu?. Ahli tafsir pun menjawab: “Maaf baginda raja, sepertinya baginda akan mengalami musibah, anda akan ditinggalkan sendirian oleh seluruh keluarga dan kerabat yang anda cintai”.

Mendengar penjelasan tersebut sang raja menjadi marah sekali, dan langsung memerintahkan kepada pengawal-pengawalnya untuk menghukum pancung sang peramal tersebut.

Kemudian, raja kembali memerintahkan memanggil sang peramal kedua, untuk menjelaskan arti mimpinya itu, Sang peramal kedua menjelaskan bahwa: “Maaf baginda, mimpi yang baginda alami sebenarnya membawa kebaikan baginda, yaitu kebaikan bagi baginda yang akan tetap hidup, walaupun yang lain akan meninggalkan baginda.

Mendengar penjelasan tersebut, sang raja kemudian memerintahkan petinggi-petinggi kerajaan untuk memberikan berbagai hadia dan upeti apa saja yang diminta oleh sang peramal.

Cuplikan tulisan tersebut, merupakan inspirasi dari tulisan orang lain yang menumbuhkan ide dan gagasan bagi saya untuk menuliskan “Seni Komunikasi” sebagai bahan dalam karangan buku, yang ditulis untuk memberikan wawasan bagi para guru khususnya. Bagaimana melaksanakan pembelajaran dengan komunikasi yang baik. Tentu saja, buku tersebut menjelaskan pula teori komunikasi dan pembelajaran, serta pengalaman-pengalaman orang lain dan pribadi selama menjadi guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s