Memahami Hakekat Sombong


Salam Rada Super!!
Sahabatku yang pengen jadi Orang Super,

Pengakuan diri yg diklaimnya sebagai yg terbaik, berbeda dari orang lain apapun bentuknya…merupakan wujud ketakaburan dan kesombongan.

Sebuah pernyataan … “Beda Kasta, Maaf” , bagi sebagian saudara kita yang dari Bali mungkin terasa wajar dapat dimaklumi karena berkaitan dengan kultur sosial budaya yg ada di sana. Sangat-sangat LALAI ketika kalimat itu diucapkan oleh kita yg nota bene bukan org Bali, apalagi seorang muslim.
Sepenjang pergaulan pun pengakuan yg berlebih ttg diri sendiri yg berbeda karena merasa lebih baik, lebih hebat, lebih dari rata-rata kebanyakan orang …akan menjadikan bumerang bagi dirinya … karena akan dijauhkan banyak pergaulan, sedikitnya orang akan memproteksi dirinya untuk bersahabat dengan anda.

Sahabat saya yg ingin jadi orang Super!!
Ada hikmah yg bisa diteladani dari kisah-kisah yg ada Al-Quran,
Ketika Iblis diperintahkan untuk sujud (HORMAT) kepada ADAM AS…
Iblis tidak mau melaksanakannya…karena Dia Merasa ‘Beda Kasta”…lebih baik, lebih dulu diciptakan, Ahli ibadah (dulunya), dll. Karenanya Iblis tak patuh kepada perintah ALLAH SWT. Akibat semua pembangkangan Iblis yg merasa dirinya lebih hebat, lebih baik dari yg lain (ADAM AS)…karenanya ALLAH SWT murka kepada Iblis.

Sahabat sy yg mau jadi orang Super…
Hikmah apa yg bisa dipetik dari kejadian itu, … Banyak dari kita memahami semua itu hanya memvonis IBLIS adalah hamba Allah SWT yang sombong. Betul ketidakmauan Iblis untuk hormat kepada Adam AS adalah bentuk dhair kesombongan hamba Allah SWT.
Rahasia yg perlu sahabat pahami “KESOMBONGAN” sejatinya dan hakekatnya adalah salah satu bentuk PENGHINAAN KEPADA ALLAH SWT secara TIDAK LANGSUNG, baik penciptaannya maupun sifat-sifatNYA.
Jelas ketidakmauan Iblis untuk hormat kepada Adam AS, karena Iblis merasa BEDA, lebih baik, lebih dulu diciptakan maka sejatinya Iblis menghina atas Kebesaran TuhanNYA.

Sahabat yang ingin menjadi baik, dan super!
Kesombongan adalah sifat buruk kedua yang oleh ALLAH SWT sangat dimurkai, setelah Syirik menduakanNYA. Karena itu, …kita diingatkan olehNYA…”….Tidak akan masuk syurgaku …apabila didalam hatinya terdapat kesombongan walaupun hanya sebesar biji zarah”.
Karena itu, sifat-sifat sombong dalam berbagai dimensinya perlu dihindarkan, baik bersifat nyata maupun di dalam hati.

Sahabat sy yg ingin menjadi orang super,
jadilah orang super dengan tetap menghindari sifat-sifat sombong … karena KESOMBONGAN adalah milik ALLAH SWT.
SEMOGA!!

Salam RadaSuper,

Mari ‘Yo GaPuguh
Sisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s